Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menceritakan kesulitannya dalam mengajak pelaku usaha sektor informal masuk ke formal, terutama industri kecil.

Padahal, kata Agus ada berbagai kemudahan yang akan didapatkan pelaku usaha kecil jika masuk ke sektor formal. Misalnya, insentif pajak hingga program stimulus pemerintah lainnya.

“Sulit sekali untuk bisa meyakinkan industri kecil masuk ke sektor formal. Mempunyai izin usaha, sulit sekali untuk bisa meyakinkan dengan memiliki izin usaha, bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas,” ujar Agus dalam acara diskusi bersama Pemred Media di Jakarta, Kamis (30/5) malam.

Menurutnya, ada ketakutan bagi pelaku usaha industri kecil masuk ke sektor formal. Misalnya khawatir dikenakan pajak hingga proses pengajuan izin usaha atau Nomor Induk Berusaha (NIB) nya lama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ada kekhawatiran dari mereka masuk sektor informal, mungkin berkaitan dengan proses, mungkin berkaitan dengan pajaknya dan lain sebagainya,” jelasnya.

Kementerian Perindustrian pun telah melakukan berbagai langkah untuk membujuk pelaku industri kecil masuk ke sektor formal. Namun, tak berpengaruh signifikan sehingga masih banyak yang bertahan di sektor informal.

Beberapa kemudahan di antaranya, tidak memungut biaya alias gratis untuk proses pengurusan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan pembuatan sertifikasi halal hanya membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja.

“Simple, karena untuk industri kecil jadi kami buat se simple mungkin. Tapi memang di lapangan capaian masih harus kita dorong, karena ada yang masih belum mau masuk ke sektor formal. Itu dari kantor kami, upaya kami untuk bisa memperbanyak dari sektor informal ke formal,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *