Jakarta, CNN Indonesia

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 156.347 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada Sabtu (25/5) kemarin atau H+2 libur panjang Hari Raya Waisak 2024.

Marketing & Communication Department Head/Pgs Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Faiza Riani angka 150 ribu tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama.

Adapun keempat GT tersebut antara lain GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 6,52 persen jika dibandingkan lalin normal,” ujarnya dikutip Antara, Minggu (26/5).

“Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 76.504 kendaraan (48,93.persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 40.610 kendaraan (25,97 persen) dari arah Selatan (Puncak) dan 39.233 kendaraan (25,09 persen) dari arah Barat (Merak),” imbuhnya.

Ia merinci kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebanyak 34.267 kendaraan, naik sebesar 10,76 persen dari lalin normal.

Lalu, untuk lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang adalah sebanyak 42.237 kendaraan, naik sebesar 24,01 persen dari lalin normal.

Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 76.504 kendaraan, naik sebesar 17,70 persen dari lalin normal.

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 39.233 kendaraan, lebih rendah sebesar 14,50 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 40.610 kendaraan, naik sebesar 13,14 persen dari lalin normal.

Faiza Riani menyebutkan pada H+2 libur panjang Hari Raya Waisak 2024, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan lalin yang meninggalkan Jabotabek.

Untuk lalin meninggalkan Jabotabek di empat gerbang tol utama pada H+2 tersebut, tercatat sebanyak 145.975 kendaraan, lebih rendah 11,15 persen dari lalu lintas normal.

Tak lupa, ia mengimbau pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

“Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, pergunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas,” pungkasnya.

(pta/pta)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *