Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). Bendungan itu menelan anggaran hingga Rp1,57 triliun.

Jokowi mengatakan bendungan tersebut dibangun dengan harapan mencegah krisis air. Menurutnya, teramat sayang apabila air yang mengalir dan melimpah dibiarkan mengalir ke laut dan tidak dimanfaatkan.

“Kenapa bendungan ini dibangun? Kita tahu beberapa negara sekarang ini mulai terjadi yang namanya krisis air, sulit sekali mendapatkan air,” kata Jokowi¬†saat peresmian, Selasa (14/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Karena ke depan air menjadi sesuatu yang penting sekali bagi kehidupan kita,” imbuhnya.

Ia menyebut Bendungan Ameroro dibangun sejak 2020. Bendungan ini berkapasitas tampung 88 juta meter kubik dengan luas 398 hektare.

Bendungan Ameroro merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan selesai oleh Kementerian PUPR pada akhir 2023.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap proyek bendungan tersebut akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Konawe, termasuk salah satunya mengurangi potensi banjir.

“Ini bendungan yang sangat besar sekali dan juga dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir yang sebelumnya ada di wilayah sekitar Konawe ini,” ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(khr, mir/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *