Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membebastugaskan Asri Damuna, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Hal ini terkait ajakan dirinya kepada YouTuber asal Korea Selatan, Jiah, untuk datang ke hotel. Pembebastugasan ini dilakukan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait video Asri yang tengah viral.

“Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, di Jakarta, Jumat (10/5).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menurut Adita juga telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut,” kata Adita.

Viral di media sosial Asri Damuna mengajak Jiah ke hotel pada saat kali bertemu di Manado, Sulawesi Utara. Dalam konten video berjudul “Menjadi Teman dengan Para Om | ke Bunaken dari Manado” itu, Jiah semula tengah menyantap makanan sendirian.

Ia kemudian diajak ngobrol oleh dua laki-laki di meja seberang. Salah satu laki-laki itu yakni Asri.

Dua laki-laki itu sempat menanyakan daerah asal Jiah, kemudian mengajak YouTuber itu bergabung dengan mereka untuk saling berkenalan.

Asri yang muncul dalam video itu sempat menanyakan tempat Jiah menginap. Mereka bahkan mengajak Jiah untuk main ke hotel tempat dua laki-laki itu menginap.

Perbincangan dan gestur dua WNI terhadap Jiah itu pun menuai sorotan dari netizen. Penonton video YouTube itu membanjiri kolom komentar dengan menuliskan pesan agar YouTuber itu lebih waspada ketika berkenalan dengan orang baru.

Beberapa orang juga meminta Jiah agar menghapus kontak kedua laki-laki itu jika sempat saling bertukar informasi. Bahkan, tidak sedikit pula netizen yang meminta maaf atas sikap dan gestur dua WNI di video Jiah tersebut.

(mrh/sur)


[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *