Jakarta, CNN Indonesia

PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Pertamina Goes to Campus (PGTC) 2024 ke 15 kampus di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, serta Sulawesi mulai bulan Mei-Oktober 2024.

PGTC 2024 ini bertujuan membina bibit unggul mahasiswa, khususnya dalam menghadapi trilemma energy, yakni energy security (ketahanan energi), energy affordability (keterjangkauan biaya energi), dan environmental sustainability (keberlanjutan lingkungan).

VP Corporate Communications PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyatakan, tahun ini PGTC mengusung tema Energizing the Future Together sebagai wujud komitmen Pertamina untuk mengedukasi generasi mendatang. PGTC sendiri merupakan upaya peningkatan pemahaman mahasiswa tentang peran Pertamina dalam sektor energi dan pembangunan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Harapan kami melalui kegiatan ini, Pertamina dapat membangun kesadaran, meningkatkan keterlibatan, dan memfasilitasi kolaborasi antara perusahaan dan sektor akademisi serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para profesional dan ahli industri energi, serta memperluas pengetahuan dan wawasan mereka tentang tantangan dan peluang dalam bidang energi,” kata Fadjar.

Pada saat bersamaan, Pertamina juga mendapat manfaat berupa perspektif segar dan gagasan inovatif dari para mahasiswa yang serta dalam PGTC. Sebagai program tetap tahunan Pertamina, PGTC juga menjadi pendekatan kolaboratif untuk mengatasi tantangan trilemma energy.

Menurut Fadjar, Pertamina saat ini telah menerapkan langkah secara konkrit demi menjawab tantangan trilemma energy, antara lain melalui kolaborasi dengan para civitas akademika.

Dengan kemampuan menjawab tantangan trilemma energy menuju energi Indonesia yang berkelanjutan, Indonesia diyakini dapat menjaga keseimbangan antara ketersediaan dan keterjangkauan energi. Melalui PGTC, lanjut Fadjar, mahasiswa dapat mendukung pemangku kepentingan untuk menjaga tata kelola energi.

“Maka dari itu, perlu dibangun kesadaraan tentang tata kelola energi di Indonesia kepada generasi muda yang nantinya akan melanjutkan estafet kepemimpinan pengelolaan energi di Indonesia,” katanya.

Dalam roadshow PGTC 2024, di setiap kampus akan digelar ruang diskusi antara mahasiswa, akademisi, praktisi, pengamat, serta pengambil kebijakan di sektor energi. Sehingga, setiap pihak dapat saling bertukar wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan energi.

Pada PGTC 2024, Pertamina mengajak serta keenam subholding, serta beragam program menarik seperti PF Sains, PF Preneur, Desa Energi Berdikari, CSR & SMEPP, Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda Seed and Scale, Beasiswa Sobat Bumi, hingga informasi magang dan karier di Pertamina.

Pertamina juga mengajak sejumlah bintang tamu serta menyediakan berbagai hadiah bernilai puluhan juta rupiah. Informasi lengkap terkait PGTC dapat dilihat melalui Instagram @pertamina dan @pgtc.id.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *