Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar rapat dengan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Minggu (14/4) malam untuk membahas anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di tengah ketegangan geopolitik, menyusul serangan Iran ke Israel.

Momen itu dibagikan Sri Mulyani lewat akun Instagram pribadinya @smindrawati. Dalam unggahannya, tampak sejumlah pejabat Kemenkeu seperti Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatawarta, hingga Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo.

Sri Mulyani mengatakan APBN akan terus menjadi instrumen yang penting dalam menghadapi gejolak dan dinamika global dan nasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Perkembangan situasi ekonomi dan keuangan global dan tensi geopolitik yang sangat tinggi bergerak cepat dan dinamis. Kondisi ini mempengaruhi berbagai indikator ekonomi yang perlu diantisipasi dan diwaspadai,” tulis Ani, sapaan akrabnya.

Ani mengatakan ia beserta pejabat Kemenkeu lainnya juga membahas persiapan pertemuan G20 dan Spring Meeting IMF-World Bank yang akan berlangsung pekan depan.

Di tengah situasi Lebaran ini, Ani mengatakan rapat mereka ditemani suguhan khas seperti kastengel, nastar, serta putri salju.

Rapat pejabat Kemenkeu itu berlangsung tak lama setelah Iran meluncurkan 300 rudal dan drone ke Israel pada Sabtu (13/4). Serangan tersebut diberitakan hanya menyebabkan kerusakan ringan di Israel.

[Gambas:Instagram]

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel dan dengan bantuan dari AS, Inggris, Prancis, dan Yordania. Akibat serangan itu, setidaknya 31 orang dilaporkan mengalami luka ringan.

Serangan itu dipicu oleh tindakan Israel yang membombardir kedutaan besar Iran di Suriah pada 1 April yang menewaskan tujuh Garda Revolusi Iran; dua komandan militer senior dan lima petugas Iran lainnya.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan tindakan tersebut untuk membela diri sekaligus menunjukkan sikap Iran dalam perdamaian dan keamanan regional serta internasional termasuk soal Palestina.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *