Jakarta, CNN Indonesia

ASEAN Football Federation (AFF) secara resmi mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi turnamen ASEAN Club Championship bertajuk Shopee Cup™ pada Jumat (5/4). Shopee Cup™ menjadi turnamen klub regional pertama di Asia Tenggara yang akan menobatkan juara dari ASEAN Club Champion pada setiap tahun.

Shopee Cup™ akan dimainkan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-offs dan fase grup, di mana ada 14 klub ASEAN yang berkompetisi melalui 40 pertandingan. Shopee Cup™ akan dimulai pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025.

Chief Commercial Officer Shopee, Zhou Jun Jie, mengungkapkan kegembiraan atas kemitraan dengan AFF pada Shopee Cup™. Shopee selaku anak perusahaan Sea Limited yang terdaftar di NYSE (NYSE: SE) merupakan platform belanja online terbesar di Asia Tenggara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, dan di saat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna,” kata Zhou.

President of AFF, Major General Khiev Sameth menilai kemitraan dengan Shopee sebagai torehan sejarah dalam sepak bola ASEAN untuk menciptakan masa depan lanjutan bagi klub sepak bola ASEAN.

Khiev optimis, turnamen Shopee Cup™ akan dapat menginspirasi klub-klub sepak bola untuk jadi juara ASEAN,.

“Kami sangat bangga dapat bermitra bersama Shopee, perusahaan ASEAN yang dikenal secara global dan dapat menjadi mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” katanya.

Lebih lanjut, Khiev juga menyampaikan apresiasi atas kemitraan dan dukungan Shopee kepada AFF.

“Kami berharap dapat bekerjasama dengan Shopee serta mitra komersial, SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan fanbase ASEAN ke level yang lebih tinggi,” ujar Khiev.

Sementara, President and Chairman of the Board, SPORTFIVE Asia, Seamus O’Brien menyatakan bahwa dalam 30 tahun guliran sepak bola Asia, kemitraan bersama Shopee menjadi yang paling transformatif. Dirinya berharap kolaborasi dengan AFF dan Shopee dapat meninggalkan kesan baik bagi banyak pihak.

“Dengan bangkitnya ASEAN sebagai negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dalam beberapa dekade terakhir, dipadukan dengan semangat tinggi dari para penggemar sepak bola ASEAN, yang kini berpadu bersama dalam lanskap digital modern, menjadikan hal ini sebagai peristiwa yang sangat penting bagi dunia olahraga,” kata Seamus.

Shopee Cup™ bakal menampilkan juara Liga Nasional dan pemenang Cup (atau runner-up dalam situasi tertentu) dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dengan masing-masing menurunkan dua tim dari tiap negara , serta Filipina dan Singapura yang menurunkan satu tim.

Juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di Fase Grup turnamen saat babak kualifikasi play-off.

Nantinya, ke-12 klub yang telah memenuhi syarat akan dibagi dalam dua grup melalui pengundian resmi untuk fase grup. Sebanyak 30 pertandingan fase grup akan dimainkan dengan sistem kandang atau tandang selama lima hari pertandingan.

Tim yang menduduki peringkat pertama dan kedua pada masing-masing grup di akhir fase grup akan lolos ke semifinal. Pertandingan Semifinal dan final akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.

Informasi lebih lanjut mengenai format kompetisi, jadwal Shopee Cup™ musim 2024/25 dan klub-klub yang berpartisipasi akan diumumkan pada pengundian resmi yang akan diadakan pada minggu pertama bulan Mei. Adapun tanggal dan tempat pengundian akan segera diumumkan.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *