Jakarta, CNN Indonesia

Era baru sepak bola Asia Tenggara telah dimulai lewat turnamen Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025. Kompetisi hasil kerja sama Shopee dengan ASEAN Football Federation (AFF) ini akan menghadirkan pertandingan sepak bola berkualitas dari klub-klub terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Nama AFF sudah lama dikenal dengan kompetisinya, AFF Suzuki Cup. Salah satu momen yang paling diingat insan pencinta sepak bola Indonesia saat AFF Suzuki Cup pada tahun 2010 silam. Penampilan Christian Gonzales cs kala itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik, meski gagal di babak final.

Kini AFF menggebrak kembali persepakbolaan kawasan dengan menggandeng e-commerce raksasa, yaitu Shopee sebagai sponsor utama turnamen klub di Asia Tenggara bernama Shopee Cup. Sebelumnya Shopee juga pernah menjadi sponsor utama Liga 1 Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbeda dengan turnamen AFF Suzuki Cup, gelaran Shopee Cup ini mempertemukan klub-klub ternama dari Asia Tenggara. Turnamen ini akan diikuti oleh klub sepak bola asal Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Chief Commercial Officer (COO) Shopee, Zhou Jun Jie mengutarakan rasa senangnya dapat bermitra dengan AFF. Menurutnya, Shopee Cup™ akan menjadi kesempatan bagi pihaknya untuk terhubung dengan para penggemar sepak bola di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan AFF, sebagai sponsor utama dari acara perdana, Shopee Cup™. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, dan di saat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna,” katanya.




Shopee(Foto: Arsip Istimewa).

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth menyatakan kerja sama ini menjadi tonggak bersejarah dalam sepak bola ASEAN. Menurutnya, turnamen Shopee Cup akan menjadi sangat penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub-klub di ASEAN dan mentransformasi sepak bola di kawasan ini.

Selain itu, turnamen penting ini juga akan memupuk aspirasi bagi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia.

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah seiring kita membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” ucapnya.

Khiev Sameth menambahkan, AFF memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk kemitraan dengan Shopee. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan Mitra Komersial kami SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan basis penggemar ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Turnamen Shopee Cup akan digelar dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Shopee Cup yang dimulai pada 17 Juli 2024 dan berlangsung hingga 21 Mei 2025 ini akan diikuti oleh 12 tim, terdiri dari 2 klub yang menjadi juara dan runner up liga nasional Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, serta juara liga nasional dari Filipina dan Singapura.

Sedangkan juara liga nasional dari Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing lagi untuk memperebutkan dua jatah di fase grup melalui babak play-off kualifikasi.

Selanjutnya, 12 klub akan dibagi ke dalam dua grup untuk bermain dengan sistem tandang dan kandang. Juara dan runner up dari masing-masing grup lolos ke semifinal, yang juga menggunakan sistem kandang dan tandang. Masing-masing pemenang kemudian akan bertarung di laga puncak untuk memperebutkan gelar juara Shopee Cup.

Informasi mengenai format kompetisi, jadwal, hingga klub peserta Shopee Cup™ 2024/25 akan diumumkan saat drawing resmi di minggu pertama bulan Mei.

(ory/ory)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *